Rabu, 22 April 2009

Yuukkk Bangun Pagiiii…!!

Nggak rugi deh punya kebiasaan bangun pagi, karena ternyata, selain badan jadi segar, otak pun jadi encer loohh….

Yupz, bangun pagi adalah salah satu rahasia tambah cerdas yang sudah dirintis Rasulullah sejak 14 abad yang lalu dan sudah dibuktikan secara ilmiah lho! Rasulullah senang sekali membangunkan sahabat-sahabat beliau untuk shalat Shubuh berjamaah di masjid. Para sahabat berjalan kaki bersama-sama keluar dari rumah untuk menunaikan shalat Subuh di Masjid Nabawi. Penelitian Dr. Alexander Bruce dari Jerman yang dimuat di majalah Al-Muslimun, menghasilkan sebuah temuan bahwa di waktu Subuh, kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahri terbir. Sementara, gas ozon ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gulam asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik. Selain itu, jika kamu menghirup nafas yang panjang di pagi hari, kecepatan aliran darah menuju otak juga akan bertambah, maka otak akan memperoleh darah kaya oksigen lebih cepat. Walhasil, otak juga lebih cepat nyambung kalau disuruh berfikir.

Di samping itu, penelitian menunjukkan, sesudah tidur malam yang baik, irama otak kita berfungsi sangat baik. Pemahaman, wawasan, dan penguasaan akan berbagai masalah yang berat dan rumit lebhi sukses dihadapi pada pagi hari ketimbang pada jam-jam selanjutnya. Kenapa begitu? Karena tidur merupakan penyegaran otak yang paling alami. Setelah otak istirahat total di amlam hari, pagi hari otak kamu sudah ready buat melakukan pekerjaan dan rutinitas kamu, termasuk belajar.

Kerennya lagi, di pagi hari diproduksi hormone yang ngetop disebut hormone pertumbuhan. Hormone pertumbuhan itu pentingn dalam memperbaiki takaran, kualitas dan daya guna otak. Hormon tersebut meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke ota, yang membuat sel-sel syaraf dapat menjadikan apa yang dipelajari jadi permanen. Tapi ingat, kebanyakan hormone pertumbuhan diproduksi waktu tidur, yaitu tidur sebelum tengah malam yang nyaman. Jadi inget-inget, jangan begadang ya, Sobat! Hehe..

Hormon lain yang nggak kalah oke adalah cortisol . Puncak produksinya dari tengah malam hingga menjelang subuh. Cortisol memainkan peran utama membantu kita menghadapi stressor (penyebab stress) pada pagi hari, mongering peradangan dan keletihan. Wah, keren banget kan?
Nah, dari sekian bukti penelitian yang berderet itu, sobat pasti sudah yakin kalau bangun pagi itu banyak banget manfaatnya buat kita. Hebatnya lgi dalam Islam, ternyata kebiasaan unutk bangun pagi ini udah dibuktikan manfaatnya oleh para sahabat, 14 abad yang lalu. Para sahabat dan cendikiawan Islam sudah diakui kehebatannya dalam merumuskan masalah-masalah induk dalam khasanah ilmu pengetahuan. Mereka adalah orang-orang yang senantiasa bangun, bahkan sebelum waktu shalat subuh tiba. Ini jadi salah satu bukti akurat dari perintah Allah yang menyuruh kita untuk bangun di sepertiga malam, kurang lebih antara jpukul 2 hingga 3 pagi.

So, masih mikir dua kali untuk bangun pagi??

(Muslimah, NO.43, Februari 2006)
Reaksi:

1 komentar: