Sabtu, 18 April 2009

Great!

Berjuta hal di alam semesta ini tidak akan pernah bosan menjadi penerang akan adanya Pencipta yang Maha Berilmu. Yang menunjukkan cinta kasih-Nya lewat hembusan bayu, lewat percikan air sungai, lewat tubuh kita yang begitu rumit yang di dalamnya masih menyimpan berpuluh-puluh, beribu-ribu, bahkan berjuta-juta misteri yang sampai ini belum terpecahkan oleh logika kita yang “hanyalah” seorang manusia.

Sungguh menakjubkan berkesempatan melihat salah satu rahasia Tuhan, lewat setetes air selokan yang aku amati menggunakan mikroskop cahaya sederhana milik sekolahku. Maha Suci Allah yang menciptakan makhluk-makhluk-Nya.


Lucu sekali saat mengamati gerak protista-protista kecil yang berlalu lalang di bawah kaca objektif mikroskopku. Seekor Paramaecium berlari kegirangan, membentur suatu “batu” kecil lalu tiba-tiba saja-menurutku Paramaecium itu seperti telah mengucap kagebunshin no jutsu-ajian pengganda diri, hehee….-sudah ada dua Paramaecium identik. Hooooohoooooww…benar-benar menggelikan.

Euglena pun, yang sepertinya dicuekin Paramaecium, menyusuri bidang pandang mikroskopku. Ee..ee…ee… saking cari perhatiannya kali yaa..kadang-kadang dia menghilang, muncul, menghilang, dan tetap asyik menyusuri bidang pandang,, heheee… Percaya tidak percaya.. Si kecil Paramaecium dan Euglena yang masuk dalam kingdon protista itu, dalam sebuah buku Biologiku (Campbell, 2003) dituliskan,
‘’ Karena sebagian besar protista bersifat uniseluler, maka protista dapat dianggap sebagai organisme eukariotik (organisme yang memiliki membran yang membungkus inti selnya) yang paling sederhana.Tetapi pada tingkat seluler, kebanyakan protista luar biasa kompleksnya-paling rumit di antara semua sel. Kita seharusnya dapat menduga hal itu, dari organisme yang dalam batasannya sebagai suatu sel tunggal harus melakukan semua fungsi dasar yang dilakukan oleh kumpulan sel-sel terspesialisasi yang menyusun tubuh tumbuhan dan hewan. ‘’
SUBHANALLAH !!

Paramaecium itu memiliki rahasia terselubung dalam tubuh kecilnya. Lalu kita yang sebesar ini ? apa ada rahasia terselubung dalam tubuh kita ??
Heheheee…
Retoris sekali yaah ….

Yupz. Jika dibandingkan dengan Paramaecium yang sekecil itu, menurutku kita jaauuuuuuhhh,, jaaaauuuuuuh sekali lebih hebat dari mereka. Allah memberi kita jantung, mata, dan yang menakjubkan, Allah memberi kita otak dan ‘’hati ‘’ yang bisa membuat kita merasakan emosi-seperti jatuh cinta, sebel sama orang, bahagia, menderita- memecahkan soal-soal matematika dan fisika, bahkan menggerakkan anggota badan kita, yang kesemuanya itu diatur dalam suatu sistem yang rumit.Waaaaahhhhhhh….kita hebat sekali yaaa…

Hohooo..tapi,,ternyata !!! kita di alam semesta ini pada kenyataannya ga sebesar apa-apa. Coba deh kita bayangkan ! Jika kita bandingkan tubuh kita dengan besarnya bumi, besar mana coba ? terus, jika kita bandingkan bumi dengan Jupiter, besar mana coba ? hoooo….kalo ngebayangin, sebesar apa yaah bumi kita di tata surya kita ? padahal di luar sana,,,nun jauuuuuuhhh di sana masih ada berpuluh-puluh galaksi. Nah, lalu kira-kira kita sebesar apa ? hmmm,, apa mungkin sebesar pasir yang dibagi bermilyar kali ? hmmm…Subhanallah ! ternyata, alam ini begitu luasnya.. begitu mengangumkan !

Impian dari tiap orang pasti ingin berguna buat sekitarnya, nggak terkecuali juga buat alam. So, buat alam yang begitu mengagumkan ini … Ayooooohh..kita sama-sama berjuang untuk alam! Karena alam ini begitu indaaaaaahhhh!!! Save our earth!!! (^_____^)v
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar