Sabtu, 18 April 2009

mengintip "pabrik energi " dalam tubuh kita

Setiap bagian tubuh organisme tersusun dari suatu mini struktur kompleks yang disebut sel. Di dalam sel inilah, aktivitas kehidupan mulai dapat disaksikan. Di dalam sebuah sel terdapat berbagai organel yang menunjang aktivitas sel tersebut. Salah satu organel yang senantiasa aktif menopang kehidupan sel adalah organel mitokondria.

Mitokondria dapat dijumpai pada hampir semua sel eukariotik (sel yang intinya bermembran). Sebagai suatu organel hidup, mitokondria dapat bergerak berkeliling, berubah bentuk, dan membelah menjadi dua. Mitokondria dibungkus oleh suatu selubung yang terdiri dari dua membran, masing-masing merupakan bilayer fosfolipid. Membran luar halus, tetapi membran dalamnya berlekuk-lekuk disebut krista. Dengan bentuknya yang berlekuk-lekuk ini, krista membuat membran-dalam mitokondria mempunyai suatu permukaan luas. Krista membagi mitokondrion menjadi dua ruangan internal, yaitu ruang intermembran dan matriks mitokondria.

Sebagai suatu korelasi terhadap struktur mitokondris tersebut, mitokondria memiliki fungsi vital dalam kehidupan suatu organisme. Di sinilah mitokondria melaksanakan fungsinya sebagai kesatuan pabrik energi. Mitokondria merupakan tempat terjadinya proses respirasi seluler yang merupakan fungsi kumulatif dari tiga tahapan metabolik (Glikolisis, Siklus Krebs, dan Rantai Transpor Elektron) dengan menghasilkan ATP sebagai hasil akhirnya.
Reaksi:

1 komentar: